Jurnalistik

Jurnalistik MTsN 33 Jakarta

Rabu, 07 September 2016

KAJI ULANG PEMBELAJARAN IURAN HEWAN QURBAN DI SEKOLAH

Hampir sebagian besar sekolah-sekolah di Indonesia menjelang hari Idul Adha menyelenggarakan pemotongan hewan qurban di sekolah. Dimana setiap siswa dikenakan beberapa puluh ribu bahkan ada yang iuran hingga diatas 100.000 rupiah per siswanya.

Dana itu dikumpulkan sebanyak 1 kelas yang kemudian dibelikan hewan kambing minimal mereka harus bisa menyumbangkan 1 kelas 1 ekor kambing.
Pembelajaran ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Akan kan ini pembelajaran ?. Dan apakah dinilai sebagai Ibadah Qurban. Seorang pakar Ekonomi Syariah, Erwandi Timidzi dalam Tanya jawabnya di salah satu stasiun Radio Islam menanggapi pertanyaan fenomena tentang iuran hewan qurban di sekolah mengatakan itu bukan pembelajaran tapi pembodohan (8/9).

Ibadah qurban memiliki ketentuan yang jelas, dimana 1 ekor kambing untuk 1 orang, sementara 1 ekor sapi untuk 7 orang.

Menurut saya ada solusi yang tepat dalam pembelajaran hewan qurban di sekolah tanpa menyelisihi aturan syariat islam.
Yaitu adakan tabungan selama 1 tahun terhadap siswa dan sifatnya sukarela bagi yang mampu. Sehingga pada saat menjelang hari Idul Adha, Satu orang bisa menyumbangkan 1 hewan qurbannya. Bayangkan jika ada 300 siswa di satu sekolah saja maka akan ada 300 hewan qurban.

http://beritamtsn33.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar