Jurnalistik

Jurnalistik MTsN 33 Jakarta

Rabu, 14 Januari 2015

Pembiasaan Shalat Dhuha di Madrasah

Sebagai sekolah berbasis Islam, Madrasah Tsanawiyah di seluruh Indonesia pasti mempunyai program pembiasaan shalat dhuha. Shalat yang dikerjakan pada jam-jam belajar  sebelum waktu dzuhur ini mendapatkan perhatian dari sekolah. Salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah ini memiliki keutamaan.


Abu Dzar meriwayatkan sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda, ''Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (subhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.'' (HR Muslim).

Aisyah menceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat Dhuha empat rakaat. Dalam riwayat Ummu Hani', ''Kadang Rasulullah SAW melaksanakan shalat Dhuha sampai delapan rakaat.'' (HR Muslim). Imam Attirmidzi dan Imam Atthabrani meriwayatkan sebuah hadis yang menjelaskan bahwa bila seseorang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu ia berdiam di tempat shalatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah diterima. Para ulama hadis merekomendasikan hadis ini kedudukannya hasan.





http://beritamtsn33.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar