Minggu, 04 Mei 2014

22.39
Pelatihan Jurnalistik hari Sabtu 26 April 2014 di MTsN 33 Jakarta menghadirkan Penulis Muda, salah satu siswi SMA 39 Jakarta. Siapakan Ayunda Nisa atau yang dikenal dengan panggilan akrab Yunda ?


 

Ayunda Nisa Chaira atau Yunda siswi dari SMA 39 Jakarta ini  mulai aktif menulis sejak tahun 2008 - sekarang, dan telah menulis 16 buah buku fiksi anak dan pra-remaja. Yunda pernah dianugerahi penghargaan sebagai 'Penulis Cilik Indonesia Terproduktif' pada tahun 2009 dan 2010. Salah satu karyanya, Rindu Purnama (Januari 2011), merupakan karya yang diadaptasi dari skenario film Rindu Purnama yang ditulis oleh Ifa Isfansyah dan disutradarai oleh Mathias Muchus menjadi salah satu novel anak terlaris di Indonesia. Yunda juga aktif berkunjung ke sekolah-sekolah dan mall di Jabodetabek dan Bandung untuk berbagi soal kepenulisan.

Selain menulis, sejak duduk di kelas 5 sekolah dasar, Yunda gemar dan mahir dalam pemanfaatan CSS dan HTML untuk mendesain blog dan web. Akhir-akhir ini, ia juga tertarik dalam pembuatan game online sederhana dan menguploadnya ke Tumblr-nya. Ia juga mahir menggunakan berbagai perangkat lunak komputer untuk pengolahan gambar, video, dan desain sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena itu, tak heran kalau Yunda justru lebih dahulu dikenal sebagai pembuat tema di Multiply[1] di dunia maya ketimbang sebagai penulis. Blognya masih cukup populer dengan jumlah pengunjung sebanyak 40 ribuan meskipun sejak beberapa tahun terakhir kelihatannya tak lagi dikelola bahkan dikunjungi Yunda.


Sebelumnya, Yunda juga pernah menjadi salah satu penyiar cilik di acara Kecil-Kecil Punya Karya Show dan Kids Club di 103,4 D FM Jakarta, pada akhir tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2010. Kini, Yunda sedang aktif memproduksi film pendek bersama teman-temannya di KELUARGA SATU Production, sebagai editor. Selain itu, Yunda juga menjabat sebagai Ketua Alumni Social Justice Youth Camp, perkumpulan remaja yang bergerak dalam bidang lingkungan, tahun 2012.

0 komentar:

Posting Komentar